Kamis, 19 Januari 2012

Apa Sich PIK-KRR itu?
PIK-KRR adalah kependekan dari pusat informasi dan konseling kesehatan reproduksi remaja, merupakan tempat atau wadah bagi remaja untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan reproduksi remaja secara benar dan bertanggungjawab. Dalam perkembangannya ternyata PIK-KRR tidak hanya bicara tentang masalah kespro tapi sudah meluas ke arah pemberdayaan remaja yang bertujuan untuk membantu remaja melewati masa remajanya dengan baik sehingga bisa menjadi generasi penerus bangsa yang sehat dan berkualitas.


PIK-KRR berada di bawah binaan langsung Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan mempunyai hubungan strategis dengan instansi-instansi pemerintahan seperti Depkes, Dinas Pendidikan, KUA, Kepolisian, KPAD, dan lembaga swadaya masyarakat yang peduli terhadap permasalahan remaja.

Dalam melakukan kegiatannya, PIK-KRR menggunakan pendekatan komunikasi, informasi dan edukasi terhadap permasalahan-permasalahan dunia remaja terutama yang tercakup dalam TRIAD KRR yaitu seksualitas, HIV/AIDS, napza dan miras yang mana ketiga problem tersebut banyak menghantui para remaja untuk bisa melewati masa remajanya dengan baik. Karena PIK-KRR dibentuk oleh dan untuk remaja maka hampir semua bentuk kegiatannya dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menarik lebih banyak remaja untuk bergabung. Tujuan utama dikembangkannya program PIK-KRR oleh BKKBN adalah untuk memberikan kesadaran sejak dini terhadap remaja akan pentingnya pendewasaan usia nikah dan menjaga kesehatan reproduksi mereka sendiri sehingga nantinya remaja-remaja ini juga bisa membentuk sebuah keluarga yang sehat dan berkualitas. Keberhasilan sebuah bangsa berawal dari sebuah keluarga, dan keberhasilan sebuah keluarga tumbuh dari anggotanya, remaja adalah salah satu dari anggota keluarga.
Trus, Griya Remaja itu apa lagi?
Griya Remaja adalah PIK-KRR yang dibentuk dan dikembangkan oleh remaja-remaja di desa Girimoyo, kecamatan Karangploso, kabupaten Malang. Griya Remaja merupakan salah satu dari ribuan PIK-KRR aktif yang tersebar di hampir seluruh kecamatan di Indonesia. Organisasi ini secara resmi berdiri pada tanggal 13 Juli 2008 di desa Girimoyo tapi sebenarnya jauh sebelum itu para pendiri Griya Remaja telah lama bergerilya untuk mencari dukungan. Berawal dari sebuah perkumpulan anak muda atau karang taruna Petir desa Girimoyo yang waktu itu tidak begitu aktif, Griya Remaja mulai dikembangan bahkan saat itu bisa dibilang anggotanya tidak bisa lagi disebut remaja karena hampir semua dari anggotanya berusia lebih dari 25 tahun. Ketika program PIK-KRR ini dipresentasikan oleh tim PLKB kecamatan Karangploso kepada anak-anak Petir tidak banyak yang tertarik dan merasa asing dengan nama PIK-KRR. Namun untungnya ada beberapa anak muda yang tertarik dan akhirnya salah satu dari mereka diberangkatkan oleh tim PLKB kecamatan Karangploso ke Surabaya untuk mengikuti Diklat KRR selama tiga hari.

Setelah pemberangkatan itu baru mereka bergerilya dari pintu ke pintu untuk mencari dukungan. Akhirnya ada sekitar 30 orang, dan lagi-lagi kebanyakkan bukan remaja. Mereka pertama kali mengadakan pertemuan di Balai Desa Girimoyo pada tanggal 31 Mei 2008 untuk sosilaisasi PIK-KRR. Setelah itu walaupun cukup sulit, perlahan-lahan tapi pasti Griya Remaja mulai tumbuh. Hampir satu tahun sejak berdiri, dengan program-programnya yang menarik dan ramah remaja, akhirnya saat ini sepenuhnya Griya Remaja dijalankan oleh remaja dan anggotanya sudah meluas dari desa-desa lain di wilayah kecamatan Karangploso. Para pendirinya kini hanya berpartisipasi di belakang layar saja.
Kegiatan utama yang dilakukan oleh teman-teman Griya Remaja adalah menyampaikan informasi TRIAD KRR kepada siapa saja terutama teman sebaya mereka melalui diskusi santai setiap akhir pekan, seminar-seminar dan talk show serta road show pelatihan KRR ke kegiatan MOS di sekolah-sekolah. Disamping itu tim Griya Remaja juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat hiburan seperti nonton film bersama, menyelenggarakan aneka lomba di hari-hari besar nasional serta outbond untuk menjalin kekompakan dan keutuhan. Kedepannya Griya Remaja juga ingin mengadakan kegiatan yang sifatnya bisnis atau mencari keuntungan, seperti membuka kafe ramadhan atau membuat sebuah produk yang bisa dijual. Hal ini bertujuan untuk melatih remaja bagaimana mencari uang secara baik dan benar untuk kehidupan mereka nantinya. Tentu saja semua bentuk kegiatan dari Griya Remaja akan selalu diselipi dengan penyampaian materi TRIAD KRR.
Dalam menjalankan semua kegiatannya, Griya Remaja didukung sepenuhnya oleh desa Girimoyo terutama Kepala Desa beserta perangkatnya dan tim PLKB kecamatan Karangploso termasuk dalam hal pendanaan. Griya Remaja beralamatkan di Balai Desa Girimoyo, Jl. Diponegoro nomor 4, Karangploso, Malang. Di sekretariat inilah semua kegiatan Griya Remaja dipusatkan, hampir setiap minggu di akhir pekan kami berkumpul bersama untuk merencanakan dan evaluasi kegiatan ataupun hanya sekedar diskusi santai tentang permasalahan-permasalahan dunia remaja.
Saat ini fokus utama Griya Remaja adalah bagaimana membuat wadah ini agar bisa menarik lebih banyak remaja untuk bergabung sehingga keberadaan kami bisa terus berjalan dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar terutama dalam hal pemberdayaan remaja. Griya Remaja ingin menjadi tempat berbagi kembalinya para remaja ketika mereka menghadapai permasalahan. Di Griya Remaja mereka akan mendapatkan informasi yang benar dan bertanggungjawab di tengah-tengah gempuran dari informasi lain yang menyesatkan. Ayo tetap semangat remaja Karangploso! Kita hadapai bersama-sama segala problematika dunia remaja melalui tempat ini! Dukungan kalian sangat kami butuhkan! Bravo remaja!